manghendi

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Halo sobat-sobat semua, ketemu lagi di blog manghendi yang akan selalu berbagi ilmu dan informasi berdasarkan pengalaman yang telah dialami meskipun tanpa dibarengi garansi resmi, hehehe.....

Pada kesempatan kali ini, mimin akan berbagi informasi dan tips seputar dunia komputer atau laptop khususnya tentang salah satu sistem operasi komputer yang mudah dalam pengoperasiannya sehingga banyak disukai dan digunakan oleh masyarakat. yaitu Windows. Pengalaman yang akan di sharing adalah tentang sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit.




Mungkin bagi sobat yang ahli komputer hal ini bukanlah sesuatu yang asing, namun bagi sobat yang masih awam dan jarang bergaul dengan komputer, mungkin masih belum mengetahui perbedaan antara keduanya dan bagaimana cara mengetahui serta mengecek sistem operasi windows yang ada pada sebuah komputer atau laptop.

Pengertian !!!

Sejak akhir tahun 2008, komputer yang digunakan secara personal ini tipenya sudah banyak yang menggunakan windows 64 bit, sedangkan perkembangan satuan bit  sendiri dimulai dari 4 bit, 8 bit, dan kemudian 32 bit.

Pengertian "bit" adalah  merupakan satuan data. Untuk windows 32 bit biasanya sering ditulis dengan x86 dan untuk windows 64 bit biasanya ditulis dengan x64. Komputer yang memiliki windows 32 bit artinya adalah bisa melakukan pemprosesan 232 data dalam satu waktu, sedangkan yang untuk 64 bit ini merupakan komputer yang bisa melakukan pemrosesan 264 data di dalam satu waktu.


Manfaat !!!!

Bagi sobat-sobat semua, mengetahui sistem operasi windows sangat penting sekali dan suatu keharusan terutama bagi sobat yang sering atau hobi melakukan penginstalan sebuah aplikasi tertentu di komputer, apakah aplikasi tersebut support dengan 32 bit atau 64 bit.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit !!!

#1.Sekilas dari namanya saja sudah berbeda antara angka 32 dengan 64, apalagi tentunya isi di dalamnya, inilah perbedaan pertama nya hehe....

#2.Perbedaan yang kedua adalah mengenai jumlah RAM yang bisa digunakan. Windows  32 bit batasan RAM nya lebih kecil dibandingkan dengan windows 64 bit. Untuk 32 bit batas maksimal penggunaan RAM  3,2GB (< 4GB) sehingga akan bekerja maksimal jika penggunaannya hanya 1GB/2GB saja, jika lebih dari itu akan berakibat menyebabkan penurunan performa komputer atau istilah kids jaman now mah : lemot
Sebaliknya windows  64 bit bisa membaca lebih dari 4GB RAM sehingga akan sangat leluasa dalam memberikan performa optimal untuk penggun komputer.

#3. Teknologi prosessor 64 bit tentunya lebih baru dari yang 32 bit yang kemampuan prosessornya di bawah 64 bit. Artinya, Kombinasi Windows dan prosesor 64 bit sangat cocok sekali untuk pekerjaan berat seperti desain grafis/desain yang lainnya, video editing dan lain-lain. Sedangkan untuk 32 bit sangat cocok untuk pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat.

#4. Dilihat dari kompatibilitas software, untuk Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software windows yang 64 bit sedangkan 64 bit  bisa menjalankan software 32 bit apalgi untuk windows 64 bit.

#5. Dilihat dari kemampuan pemrosesan data, angka 32 bit dan 64 bit mewakili jumlah data yang bisa diproses dalam satu kali putaran yang artinya windows 64 bit ini akan bisa memproses data lebih cepat dan juga maksimal dibandingkan dengan  yang 32 bit.

Setelah membaca poin demi poin di atas, kesimpulan akhirnya bisa dikatakan bahwa windows 64 bit ini lebih baru, lebih unggul dibandingkan dengan windows 32 bit. Dengan demikian, bisa menjadi referensi dan pertimbangan sobat jika akan membeli sebuah komputer atau laptop.

Sekian info dari mimin semoga bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan dalam cara pengemasan dan penyajiannya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share/bagikan kepada sobat-sobat yang lain......

Sampai jumpa di artikel komputer selanjutnya.....

TERIMA KASIH !!!!!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit"

Post a Comment